Seleksi Pemain Garuda Select Season 3 Dimulai

Program Pencarian Pemain Sepakbola Terbaik Indonesia melalui Garuda Select sudah memasuki Season (Angkatan) III. Program ini merupakan kolaborasi antara PSSI dengan MOLA TV. Program Garuda Select Season 3 akan berlangsung pada tanggal 29 Oktober hingga 3 November 2020.

Dennis Wise yang merupakan Direktur Sepakbola Garuda Select, serta Kepala Tim Pelatih, Des Walker, dan empat staff Pelatih + Pemandu Bakat Garuda Select akan hadir langsung ke Indonesia untuk memimpin jalannya Selection Camp.

Seleksi pertama Garuda Select Season 3 berlangsung kemarn, Kamis (29/10) di Stadion Pakansari dan diikuti oleh 23 pemain. Sementara sesi kedua akan berlangsung hari ini, Jumat (30/10) dengan 26 pemain. Para pemain-pemain yang mengikuti seleksi ini terpilih dari hasil pantauan Tim Pemandu Bakat Garuda Select sejak akhir tahun 2019 hingga tahun ini.

Untuk Session 3 kali ini, tim Pemandu Bakat selain memantau dari kompetisi resmi seperti Piala Soeratin, Liga Topskor, dan Liga Kompas Gramedia, mereka juga mencari pemain yang tidak ikut dalam kompetisi, termasuk pemain-pemain yang berada di pelosok-pelosok daerah Indonesia dengan tujuan mencari bakat terbaik pemain sepakbola Indonesia.

Menurut Dennise Wise, Braif Fatari merupakan salah satu pemain yang terpantau tidak melalui kompetisi. “Tim Pemandu Bakat Garuda Select melakukan pemantauan bakat pemain ke berbagai daerah untuk benar-benar mencari bakat-bakat sepakbola terbaik di Indonesia. Kami juga membuka kesempatan untuk bisa mencari bakat pemain yang tak terpantau dalam kompetisi yang ada” begitu ucap Wise.

Ia yakin, banyak pemain Indonesia yang punya talenta dan potensi meski mereka berada di luar sistem atau kompetisi yang ada.

Garuda Select Session 3 Mencari 24 pemain

Selama enam hari ke depan Team Garuda Select akan melakukan Seleksi yang terbaik untuk memilih bakat-bakat terbaik Indonesia di usia U-17 untuk bisa mendapatkan kesempatan berharga menimba ilmu dan kemampuan mereka di Eropa,” lanjut legenda hidup klub Chelsea tersebut.

Secara keseluruhan Selection Camp Garuda Select Angkatan III ini akan memilih lebih dari 100 pemain berbakat terbaik Indonesia, dimana bagian pertama Seleksi akan diikuti oleh 50 pemain yang rencananya berlangsung di tanggal 29 & 30 Oktober 2020. Dilanjutkan dengan tanggal 31 Oktober-1 November 2020, Seleksi akan diikuti oleh pemain-pemain terbaik dari semua klub Elite Pro Academy Liga 1 U-16, dimana masing-masing klub akan mengirimkan 3 pemain terbaik mereka untuk diseleksi langsung oleh Team Garuda Select dibawah Dennis Wise. Sehingga akan ada total 54 pemain dari semua klub Elite Pro Academy Liga 1 U-16 yang juga akan mengikuti Selection Camp Garuda Select Angkatan 3 ini.
Seleksi Pemain Garuda Select Season 3 Sedang Berlangsung

Garuda Select Season III rencananya akan memilih 24 pemain terbaik untuk nantinya akan bisa
mendapatkan kesempatan berharga menimba ilmu dan kemampuan mereka di lingkungan terbaik Sepakbola Dunia yakni di Eropa. Program Garuda Select Season III direncanakan akan berlangsung mulai bulan November 2020 hingga Mei 2021. Inggris kembali dipilih menjadi tempat latihan utama Program Garuda Select selama berada di Eropa.

Perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso, menyebut bahwa Mola TV tetap memiliki komitmen besar dalam membantu perkembangan Sepakbola Indonesia, selain melalui penyiaran pertandingan Tim Nasional Indonesia berbagai kategori usia sejak 2019 lalu, hingga terakhir ada 11 pertandingan Timnas U-19 yang sudah disiarkan selama periode September – Oktober kemarin. Kami juga memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap masa depan Sepakbola Indonesia, di mana Program Garuda Select yang sudah kami mulai sejak 2018 bersama PSSI bertujuan untuk mengembangkan talenta pemain-pemain terbaik Indonesia melalui kesempatan untuk berlatih secara intensif di Eropa. Kami bangga menjadi bagian untuk bisa membantu menelurkan pemain-pemain berbakat Indonesia untuk bisa berbicara di kancah dunia. Dan sudah terbukti dari 2 tahun yang sudah berjalan, pemain-pemain Garuda Select telah berhasil menjadi tulang punggung masa depan sepak bola Indonesia.

Selain itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri juga menyatakan dukungan penuh atas Program Garuda Select Season 3 ini. “Alhamdulillah program ini masih bisa berjalan lancar di tengah situasi pandemi Covid-19, PSSI melakukan inovasi dalam seleksi yang dilakukan bekerja sama dengan MOLA TV, dimana para pemain yang kurang lebih sebanyak 130 pemain itu diseleksi oleh Dennis Wise & Team Garuda Select sebagai pelatih untuk program ini, langsung dilihat performanya di atas lapangan stadion Pakansari,” tutur Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, Kamis (29/10). “Adapun para pemain ini berasal dari kompetisi yang dilakukan PSSI sebelum pandemi COVID-19 melanda Indonesia, seperti Piala Soeratin U-15 U-17 dan rekomendasi klub-klub anggota Elite Pro Academy U-16 serta hasil pantauan (scouting) dari Dennis Wise dan Team Pemandu Bakat Garuda Select ,” jelas Indra lebih lanjut.

“Program Garuda Select akan memberikan banyak manfaat bagi pemain muda untuk belajar dan mendapatkan pelatihan intensif secara profesional. Program ini juga merupakan solusi sebagai muara dari kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan juga Piala Soeratin.”

Garuda Select merupakan program akselerasi pengembangan bakat-bakat muda terbaik Indonesia.

Tujuan utama Program Garuda Select adalah untuk mengembangkan kemampuan pemain serta
menanamkan profesionalisme pemain agar mereka bisa berkembang lebih jauh dalam lingkungan sepak bola profesional di level Internasional.

Di setiap musim, Garuda Select memilih bakat-bakat terbaik Indonesia untuk ditempa secara intensif di Eropa, mengejar segala ketinggalan mereka baik dari sisi mental, fisik, teknik, atau pun taktik. Kriteria pemilihan bakat dilakukan lebih berdasarkan pada penilaian atas potensi mereka untuk berkembang di masa depan, dan bukan semata-mata berdasarkan kemampuan yang mereka miliki sekarang.

Selain menyiarkan pertandingan secara langsung setiap pekannya, Mola TV juga meliput kehidupan pemain selama berada di Eropa lewat serial “Dream Chasers” dimana serial ini dapat menjadi pelajaran dan motivasi seluruh anak Indonesia untuk terus meningkatkan prestasi masing-masing

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *